Pengabdian kepada Masyarakat Dosen D III Elektronika di Desa Tlogoadi, Mlati, Sleman Hari Pertama

      Comments Off on Pengabdian kepada Masyarakat Dosen D III Elektronika di Desa Tlogoadi, Mlati, Sleman Hari Pertama

Dua belas dosen Program Vokasi, program studi Teknik Mesin S1 dan program studi Teknik Elektro S1 melakukan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Desa Tlogoadi, Mlati, Sleman. Direncanakan kegiatan pengabdian direncanakan selama 5 hari dimulai tanggal 4 Juli 2019 berupa penyuluhan dan service sepeda motor gratis.

Pada hari pertama tanggal 4 Juli 2019 dimulai jam 19.30 WIB, 2 dosen Vokasi Teknik Elektronika memberi penyuluhan kepada masyarakat Desa Tlogoadi yaitu Bp. Tugino, ST, MT yang menyampaikan penyuluhan berjudul “Sel Surya Sebagai Sumber Listrik Area Perikanan” dan Bp. Janny F. Abidin, ST, MT yang menyampaikan “Penggunaan Listrik yang Efisien untuk Rumah Tangga”. Penyuluhan diadakan di gedung SD Negeri Nglarang dan dihadiri 16 warga desa Tlogoadi.

Selain 2 dosen Vokasi Elektronika tersebut, ikut juga memberi penyuluhan yaitu Ir. Wartono, M.Eng. (dosen Teknik Mesin S1) menyampaikan “Penggunaan Kompos Gas yang Aman”, Aris Warsita, S.T., M.T., Ph.D. (dosen Teknik Mesin D III) menyampaikan “Kendaraan Irit Bahan bakar” dan Hasta Kuntara, S.T., M.T (dosen Teknik Mesin D III) menyampaikan “Perawatan Rem Kendaraan”.

Warga Desa Tlogoadi sangat antusias dengan tema yang disampaikan Bp. Tugino yaitu penggunaan tenaga sinar matahari melalui solar cell yang bisa menggerakkan peralatan pertanian yaitu pompa irigasi, alat pakan ternak otomatis dan alat pemberi oksigen tambak ikan (aerator).

Warga juga tertarik dengan penyuluhan dari Bpk. Janny tentang trik menata peralatan listrik agar penggunaan listrik untuk rumah tangga bisa efisien.

??

??

??

??

??

??